CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Rabu, 20 Februari 2013

Lagu Best Friend Forever CherryBelle VS Kissing You SNSD

sebuah tanggapan dari seseorang berinisial A.R yang walau tidak sesukses dan terkenal layaknya seorang pionir / pemimpin orkestra / pengamat musik yang diakui di indonesia, namun paling tidak dia cukup mengerti mengenai bidang musik karena selain seorang lulusan jurusan seni musik di Universitas Pasundan Bandung tahun 2011, dia juga menyalurkan kesukaan/bakat dan hobinya lewat sebuah band yang walau belum bisa mengisi event-event berskala besar dan spektakuler di indonesia, namun sudah cukup membuktikan kemampuannya bersama rekan-rekannya dalam mengisi acara festival-festival atau biasa disebut band festival/band indie di daerah bandung dan sekitarnya.

ini penilaian dari sisi dia, pengamatan dia, pendengaran dia, menilai secara objektif, secara berimbang, bersifat netral tanpa harus terindikasi oleh fikiran-fikiran negative dalam membandingkan sesuatu atau tersugesti akan kabar apapun yang beredar di beberapa kalangan tertentu.

Mengenai adanya kabar lagu BBF yang di indikasikan pihak tertentu memplagiatkan lagu Kissing You milik SNSD.

sebelumnya kita perlu mengenal terlebih dahulu arti plagiat, tanpa harus mengumbar-umbar ke khalayak luas namun tidak mengerti arti dan makna dari kata tersebut secara mendalam dan lebih rinci karena hanya mengetahuinya dari mulut ke mulut, dari orang ke orang yang belum tentu setiap orang dapat dengan baik dan sempurna dalam penyampaiannya dan penanggapannya.

menurut beberapa reference dari buku, penulisan ilmiah, dan media penunjang internet, plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. selain itu plagiat dapat terjadi ketika seseorang mengaku atau memberi kesan bahwa ia adalah pencipta asli suatu karya yang dibuat orang lain, atau mengambil mentah-mentah dari karya orang lain atau karya sendiri (swaplagiarisme) secara keseluruhan atau sebagian, tanpa memberi sumber.

Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. (sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme)



dalam hal ini sudah bisa dilihat jika cherrybelle dalam lagu milik Catur Septembrianto yang berjudul Best Friend Forever tidak pernah secara lantang menganggap dan mempublikasikan jika karya tersebut adalah hasil karya miliknya. cherrybelle sebagai artis atau talent tidak bisa dikatakan plagiat karena tidak ikut campur tangan dalam proses penciptaan, pemilihan nada, pengarangan lirik, arransemen musik, mixxing, dan penyelesaian akhir dalam studio sebagai finishing. selain itu menurut beberapa wawancara yang saya dapatkan via youtube, cherrybelle pun sering membawa nama catur septembrianto jika berhubungan dengan berita mengenai lagu Best Friend Forever yang mereka bawakan, tanpa harus dianggap plagiat karena tidak memberikan sumber aslinya.

lalu bagaimana dengan lagunya? biarpun tidak menciptakan, tapi lagu tersebut dinyanyikan oleh mereka?jadi yang disalahkan adalah mereka?
itu salahnya dan kurangnya pengertian dikalangan masyarakat indonesia. terlalu mudah mencari kesalahan orang lain dan terlalu mudah untuk melimpahkan kesalahan ke pihak lain tanpa sadar akan dirinya. kebanyakan dari mereka sangat mudah untuk terhasut kedalam hal negative, mudah untuk menilai sesuatu secara begative, dan mudah pula untuk mengatur main set baik dari sisi fikiran maupun hati secara negative pula tanpa lebih dulu mencoba ingin tahu dan mencari tahu asal-usul dan kebenaran aslinya.
sebagai contoh ketika kota jakarta sudah mengalami masalah yang sangat complicated, mulai dari banjir , kemacetan, banyaknya pengemis, hingga hal merugikan lainnya. lalu yang kalian pertama kali salahkah siapa? pasti bapak/ibu gubernur sang pemimpin kota tersebut bukan? tapi apakah kalian pernah berfikir jika sebenarnya dibalik itu ada ulah tangan kalian sendiri? apakah kalian pernah memikirkan siapa pihak yang seharusnya bertanggung jawab atas semua hal ini? apakah kalian pernah memikirkan kenapa hal ini bisa terjadi? saya rasa tidak. karena yang kalian tuntut adalah kenyamanan, kebahagiaan dan kemudahan tanpa sadar kalian sendiri lah yang membuang sampah sembarangan, membuat drainase dilingkungan rumah yang tidak baik, menggunakan kendaraan pribadi secara terus menerus dan tidak mencoba menggunakan angkutan umum, tetap niat hidup dijakarta dengan iming-iming kemewahan tanpa diiringi dengan kemampuan/kualitas/dan skill yang memadai yang memang mampu menunjang kehidupan di jakarta.

kembali ke topik, di indonesia masih kurang adanya tindak lanjut lebih terhadap permasalahan plagiat dan hukumnya. definisi plagiat dari sisi musik pun masih diperdebatkan oleh beberapa pihak. pihak lain menyatakan plagiat dapat dikatakan jika lagu tersbut sudah memiliki kesamaan 1 bar. sedangkan menurut pihak lain hal itu tidak mungkin, karena semua lagu bisa dengan mudah dikatakan plagiat jika hanya memiliki kesamaan 1 bar. menurutnya jika 1 bar saja sudah dianggap plagiat, itu termasuk sebuah tindakan diskriminasi , karena tangga nada hanya dari DO - RE - MI - FA - SOL - LA - SI - DO sehingga kemungkinan adanya kesamaan dari seluruh lagu yang ada di dunia, sangatlah banyak.
jadi pencipta pertama yang mengarang sebuah lagu dengan nada dan arransemen tertentu, namun di generasi yang sama ataupun selanjutnya ada sebuah lagu atau bahkan beberapa lagu dengan beberapa pemilihan nada dan penempatan yang sama, lagu dianggap plagiat, bukankah itu salah satu tindakan diskriminasi terhadap pengarang lagu selanjutnya dan selanjutnya? meskipun dituntut kreativitas, tapi tidak dituntut untuk diferensiasi secara sempurna dan perfectivitas yang melebihi kemampuan.
sebagai contoh kalian diberikan sebuah kertas dan pensil lalu diperintahkan untuk menggambar. bukankah hal yang kalian gambar tidak lepas dari unsur garis lurus, melengkung, berliku, zig-zag, melingkar, persegi, dan lainnya?
dianggap plagiatkah murid-murid ini ketika salah seorang guru mencontohkan menggambar kucing, lalu dicoba dengan muridnya untuk menggambar domba, seorang lainnya menggambar harimau, seorang lainnya menggambar gajah, dikarenakan memiliki bentuk tubuh yang hampir sama? menggunakan garis lurus untuk menggambar bagian atas dan bawah tubuh? menggunakan lingkaran untuk bagian mata? menggunakan bentuk seperti huruf U namun lebih dipersempit bagian penyangga ujung kiri dan kanan sebagai bagian ekor? menggunakan gambar berkaki empat? walau hasil akhir yang berbeda.
atau dianggap plagiatkah ketika menggambar sebuah pohon yang berbeda, tapi menggunakan warna yang sama, menggunakan garis hampir lurus sebagai batang pohon, menggunakan lekukan bergelombang sebagai daun, menggunakan lingkaran baik yang sempurna maupun tidak sebagai buah, atau menggunakan unsur seperti benang atau jarum untuk bagian akar? walau akhirnya pohon tersebut berbeda jenis atau species?


Lagu Kissing you diawali dengan intro yang dikemas sangat menarik sehingga tidak jarang digunakan sebagai pembuka atau backsound di beberapa acara. Sedangkan Best Friend Forever diawali dengan penggalan lirik dari bagian reff.
Baiklah, kita mulai dari bagian :
“Doo Doo Roo Doo Doo Doo, Kissing you baby
Doo Doo Roo Doo Doo Doo, Loving you baby “
yang dianggap mirip atau plagiat dengan lagu Best Fried Forever :
“disaat ku termenung, kau datang bawa ceria
Di saat ku bahagia, kau jaga penuh hatiku “

Terjadi sedikit perbedaan pada penempatan letak , karena bagian kissing you yang dianggap diplagiatkan oleh cherrybelle terletak sebelum masuk verse 1. Sedangkan BFF dengan bagian yang dianggap plagiat terletak ketika mulai masuk verse 1. Dan verse 1 kissing you memiliki pembagian nada dan arransemen yang berbeda, bahkan bagi orang awam yang tidak mengerti musik namun tidak dipenuhi prasangka negative. bagian tersebut dalam kissing you memiliki permainan tempo yang lebih cepat jika dibandingkan dengan best friend forever yang memiliki tempo cenderung lebih lambat. Pada bagian kissing you baby dan loving you baby yang menurut mereka sama/plagiat dengan bagian kau datang bawa ceria dan kau jaga penuh hatiku, dapat saya katakan jika hal tersebut kurang benar adanya. Kenapa? Dengarkan lagu tersebut baik-baik dan nyanyikan secara bersamaan. Bagian dalam lagu BFF sama sekali tidak sama dengan bagian pada lagu Kissing You. Bagian dalam lagu BFF lebih memiliki penempatan nada yang lebih panjang jika dibandingkan dengan Kissing You yang lebih pendek dan lebih singkat. Pada bagian lagu kissing you terdapat sedikit unsur penekanan dalam pelafalan vocal pada kata Kis-sing ,sedangkan pada lagu BFF cenderung lebih datar tanpa ada penekanan pada titik tertentu. Pada bagian kissing you baby/loving you baby memiliki pemilihan nada dari awal sampai akhir kalimat yang sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan cherrybelle yang lebih tinggi. Selain itu di akhir bagian tersebut, kissing you memiliki pemilihan nada yang hampir sama dan cenderung datar mulai dari kata kissing you baby/loving you baby dan sedikit menunjukkan unsur “seksi/dewasa” disaat pelafalan kata “baby”, sedangkan di akhir bagian tersebut , BFF lebih memilih untuk menurunkan nada diakhir kata “ceria/hatiku” .

Lanjut ke bagian :
“Jangnanseuruhn nuheh kiseueh gibooni joha
Gwiyuhbge saechimhan pyojuhng jiuhdo
Uhneu saenga naneun soongnyuhchuruhm
Nae ibsooreun sageunsageun geudae ireum booreujyo”

Dalam bagian tersebut saya tidak menemukan persamaan sedikitpun pada bagian manapun dari sisi apapun dari lagu BFF. Jadi saya tidak akan membahasnya.

Lanjut ke bagian :
“Geudaewa bareul matchoomyuh guhdgo,
Nuheh doo soneul japgo,
Ni uhddae-eh gidaeuh malhago shipuh
Gomawuh saranghae haengbongman julgehyo Kissing you oh my love”
Yang dianggap mirip atau plagiat dengan lagu best friend forever :
Kita kan slalu bersama didalam suka duka
Berbagi segalanya tak terpisahkan
Hanya kau yang ada dihatiku.


Syarat sebuah lagu dapat dikatakan meniru atau menjiplak karya lagu milik orang lain apabila memiliki kesamaan hingga 8 bar !!




Menurut saya kemiripan terjadi tidak full disepanjang bagian reff, hanya pada bagian lagu BFF “Kita kan slalu bersama didalam suka duka, Berbagi segalanya “ dan bagian lagu kissing you “Geudaewa bareul matchoomyuh guhdgo, Nuheh doo soneul japgo”. Selebihnya dan selanjutnya dari bagian reff tersebut antara keduanya fix tidak sama. Namun itu pun tidak sama persis sehingga dapat dinyatakan sebagai sebuah karya yang plagiat. Jadi yang saya bahas hanya bagian tersbut. Sebelumnya saya meminta anda untuk mendengarkan lagu tersebut secara baik-baik, lalu bandingkan. Jika terdengar sulit, silahkan anda dengarkan lagu kissing you milik snsd, lalu dibagian reff anda ikut bernyanyi namun mengganti dengan bagian lagu BFF. Nyanyikan bagian reff sampai akhir, jangan hanya berhenti di 2 bait. Ikuti sampai akhir, maka anda akan menemukan perbedaan yang amat jelas. Perbedaan kembali terdengar pada bagian tempo. Tempo pada bagian reff milik kissing you cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan milik BFF. Pemilihan dan pelafalan liric pada bagian milik kissing you lebih rapat dan ditimpalkan , sedangkan pada lagu BFF pemilihan dan pelafalan liric lebih satu persatu tanpa harus ada unsur percepatan dalam pelafalannya. Arransemen musik dan proses mixxing dalam bagian tersebut pada lagu kissing you lebih beragam, lebih kompleks, dan terdengar lebih elegant. Berbeda dengan arransemen musik dalam bagian tersebut pada lagu BFF yang cenderung lebih sederhana tanpa inovasi atau tambahan suara dari jenis alat musik lain. Pemilihan nada pada bagian tersebut dalam lagu Kissing you lebih beragam dan naik-turun, permainan nanda yang baik lebih dan cenderung mengayunkan. Berbeda dengan pemilihan nada pada bagian tersebut dalam lagu BFF yang cenderung datar dan sama tanpa ada range tinggi rendah yang berarti.


Bagian yang tidak saya bahas adalah bagian yang memang tidak ada unsur kemiripan dimanapun apalagi sampai adanya unsur plagiat.
Jika kalian masih tidak percaya, silahkan mencoba saran saya.
1. Tenangkan fikiran anda dan jauhkan dari segala prasangkan negative atau indikasi plagiat.
2. Jika anda sudah mulai tenang, silahkan anda dengarkan lagu kissing you milik snsd. Namun pada bagian yang saya bahas diatas, anda ikut bernyanyi namun anda ganti dengan bagian milik BFF. Nyanyikan sampai bagian tersebut habis dan jangan mencoba untuk berhenti hanya di 1 bait. Nyanyikan dengan nada milik BFF tanpa anda harus terbawa dan mengikuti nada milik kissing you. Jika belum bisa dan masih ikut terbawa oleh permainan nada milik kissing you, silahkan mengulangi sekita 3-4 kali dengan teguh dan kuat menyanyikan lagu BFF dengan nada milik mereka.
3. Atau jika anda masih terpancing dan terbawa dengan permainan nada tersebut, ketika anda mencoba untuk bernyanyi bagian lagu BFF, silahkan mendengarkan kedua lagu secara bersamaan dan pastikan pada bagian yang dianggap plagiat, didengarkan secara berdampingan dan serentak.
4. Maka akan terdengar dan tersadar akan adanya perbedaan yang sesungguhnya.


Tambahan :
CherlyChiBi juga sudah pernah menjelaskan tentang pose foto & lagu BFF yang diduga plagiat di acara Buaya Show Indosiar..
Silahkan buka link inihttp://www.youtube.com/watch?v=5kULxvnv5rM
Perhatikan di menit 19.13 detik , akan dijelaskan lebih rinci oleh leader tersebut

14 komentar:

  1. ada benar nya juga sih :D

    BalasHapus
  2. Mantap.Jangan selalu menyalahkan penyanyinya

    BalasHapus
  3. Mantappp!!! 2 Jempol Untuk Anda Atau Prlu 100 Jempoll Deh Topp! Jangan Slalu Menyalahkan Penyanyinya.. Izin Copasss ya
    Saya TwiBi :D

    BalasHapus
  4. itu nggak bener .
    semua nya gk bener

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luu tuuu... nambahin dosa sendiri,seneng lagii..... IUHHHHHHHH!!!!!!!!!!!!!.............

      Hapus
  5. apanya yg gk bnerr..itu bnerrr kaliiiii !!!

    BalasHapus
  6. .maaf ya. SNSD tuh bukannya GB Korea yah. Tapi kok hukumnya yg berlaku malah hukum INA. Itu kan gk adil. Seharusnya bukannya hukum internasional yang berlaku. Dalam kasusnya shinee aja 4 bar lagu itu udah plagiat bahkan ada yang bilang 2. Kalo soal penyanyinya yang disalahin karena plagiat. Itu udah konsekuensinya. Dalam hal ini yang lebih dikenal sama masyarakat kan penyanyinya bukan pencipta lagunya. Jadikan imbas

    BalasHapus
  7. chebek bodoh -_-

    BalasHapus
  8. Cherrybelle itu memang Plagiat SNSD, sudah terbukti bahkan berita ini sudah sampai ke korea baca artikel http://dedenvagetista.heck.in/post-title-2.xhtml

    BalasHapus